Panduan Pendaftaran Online

9 Langkah proses pendaftaran online
Nama File Download (PDF)
Brosur - PMB STMIK Profesional (TA 2024-2025).pdf picture_as_pdf
Poster - PMB STMIK Profesional (TA 2024-2025).pdf picture_as_pdf

Selamat datang di Panduan Pendaftaran Online STMIK Profesional Makassar! Di sini, Anda akan menemukan panduan registrasi online untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2024/2025.

Halaman depan Pendaftaran Online Mahasiswa Baru

Unggah = Upload

Proses Pendaftaran

Sediakan biodata anda berupa:

  • Nama Lengkap (Sesuai Ijazah)
  • Email (wajib menggunakan gmail.com)
  • Nomor HP (WhatsApp)
  • Nama Asal Sekolah (SMA)
  • Kabupaten/Kota Asal Sekolah
  • Kata Sandi/Password

Pastikan email dan nomor hp aktif dan milik Anda pribadi, kemudian kunjungi pmb.stmikprofesional.ac.id/register

Pertama, Silahkan isi Form Registrasi yang tersedia lalu klik tombol DAFTAR

Form Registrasi

Jika proses pendaftaran berhasil, maka Anda akan melihat halaman yang meminta untuk melakukan verifikasi alamat email.

Halaman Registrasi Berhasil

Proses verifikasi email biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit. Jika lebih dari itu, silakan klik tombol Resend Verification Email untuk mengirim ulang email verifikasi.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa email Anda dan melakukan verifikasi dengan mengklik tautan Verifikasi Alamat Email yang tertera di email tersebut. berikut tampilannya:

Verifikasi Email

Jika proses verifikasi email berhasil, maka Anda akan dialihkan ke halaman berikutnya (asalkan Anda menggunakan browser yang sama yang digunakan saat mendaftar)

Upload Bukti Pembayaran

Langkah 1

Silakan lakukan pembayaran sebesar Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) melalui rekening BRI 107-301-000-318-302 a.n STMIK Profesional Makassar. Setelah itu, kirimkan bukti pembayaran Anda.

Untuk mengirimkan bukti biaya pendaftaran, silakan login kembali melalui tautan pmb.stmikprofesional.ac.id/login

Pastikan gambar bukti biaya pendaftaran Anda jelas agar mudah dilihat oleh admin saat memverifikasi pembayaran. Maksimal ukuran gambar adalah 4 MB (Tips: Cara Kompres dan Memperkecil Ukuran Gambar). Format gambar yang didukung adalah jpg, jpeg, png, dan gif. Berikut adalah tampilan form untuk mengupload bukti biaya pendaftaran.

Form Bukti Pembayaran

Untuk mengupload bukti biaya pendaftaran, klik tombol 'Choose File' atau 'Pilih File', pilih file yang ingin Anda unggah, lalu klik tombol

Jika Anda berhasil mengunggah bukti pembayaran, Anda akan dialihkan ke halaman yang menyatakan bahwa bukti pembayaran Anda telah diterima oleh Admin.

Bukti pembayaran telah diterima oleh Admin

Pastikan gambar bukti pembayaran yang Anda unggah tampak sesuai dengan contoh di atas. Jika gambar tidak muncul atau jika Anda ingin mengunggah bukti pembayaran lain, klik tombol "Kirim bukti pembayaran lain" yang terletak di bawah gambar bukti pembayaran.

Kirim bukti pembayaran lain

Setelah admin memverifikasi bukti pembayaran Anda, Anda akan menerima email yang menyatakan bahwa bukti pembayaran Anda telah berhasil diverifikasi. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mengisi biodata. Berikut adalah tampilan emailnya.

Tips: Mengapa saya gagal mengupload bukti pembayaran ?

Email verifikasi bukti pembayaran berhasil

Langkah 2

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengisi biodata. Untuk memulai, klik menu "Form Biodata". Berikut adalah tampilannya.

Input Biodata

Simbol * pada nama input menunjukkan bahwa kolom tersebut wajib diisi, sedangkan yang lainnya hanya bersifat opsional.

Terdapat lima kategori yang harus diisi dalam pengisian biodata, yaitu: Jenis & Jalur Pendaftaran, Profile Mahasiswa, Orang Tua & Wali, Sekolah, dan Kelas & Program Studi. Program Studi yang tersedia terdiri dari tiga pilihan.

  • Sistem Informasi (S1)
  • Manajemen Informatika (D3)
  • Ilmu Komputer (Informatika) (S1)

Sedangkan KELAS yang dapat dipilih SIANG atau MALAM

Pada bagian Jenis & Jalur Pendaftaran, Jenis Pendaftaran terdiri dari tiga pilihan: Mahasiswa Baru, Pindahan, dan Transfer/Alih Jenjang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing pilihan tersebut:

  • Mahasiswa Baru = Lulusan SMA/SMK/Sederajat tahun ini atau sebelumnya
  • Pindahan = Pindahan dari perguruan tinggi lain
  • Transfer/Alih Jenjang = Melanjutkan jenjang pendidikan dari pendidikan sebelumnya (dari diploma ke sarjana)

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk masing-masing jenis pendaftaran yang telah disebutkan di atas:

  • Mahasiswa Baru = Ijazah SMA/SMK/Sederajat
  • Pindahan = Surat Keterangan Pindah & Transkrip Nilai
  • Transfer/Alih Jenjang = Surat Keterangan Lulus/Ijazah D3 & Transkrip Nilai

Jalur pendaftaran yang dapat dipilih adalah Umum atau melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Sebelum mengisi biodata, ada baiknya jika Anda menyiapkan data yang diperlukan sesuai dengan input form yang ada. Biodata yang sudah diisi masih dapat diubah selama belum dikirim ke admin pada Langkah 7

Langkah 3

Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengunggah foto diri. Maksimal ukuran gambar adalah 2 MB, dan format yang didukung adalah jpg, jpeg, png, dan gif.

Upload Foto Diri

Berikut adalah tampilan setelah foto diri diunggah

Upload Foto Diri 2

Langkah 4

Pada Langkah 4, Anda diminta untuk mengunggah foto KTP atau Kartu Keluarga Anda. Batas ukuran gambar maksimum adalah 2 MB, dan format yang didukung adalah jpg, jpeg, png, dan gif. Pastikan bahwa gambar yang Anda unggah sesuai dengan format yang ditentukan agar dapat diterima oleh sistem.

Upload KTP

Setelah Anda mengunggah KTP atau Kartu Keluarga, maka tampilan akan diperbarui.

Upload KTP 2

Langkah 5 & 6

Silahkan memilih salah satu Jenis Pendaftaran yang tersedia di bawah ini:

Apabila Anda memilih jenis pendaftaran "Mahasiswa Baru", maka di tahap ke-5 Anda akan diminta untuk mengunggah Ijazah SMA/SMK/Sederajat dalam bentuk PDF. Ukuran file yang diperbolehkan maksimal adalah 8 MB

(Tips: Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran File PDF)

Upload Ijazah

Tampilan setelah Ijazah di upload

Upload Ijazah 2

Setelah Anda menyelesaikan proses pengunggahan Ijazah, silakan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu Langkah 7

Pada tahap ini (Langkah 5 & 6), jika Anda memilih jenis pendaftaran "Pindahan", Anda diminta untuk meng-upload Surat Keterangan Pindah dan Transkrip Nilai dalam bentuk PDF. Ukuran file maksimum yang diperbolehkan adalah 8 MB

(Tips: Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran File PDF)

Surat Keterangan Pindah & Transkrip Nilai

Setelah mengunggah Surat Keterangan Pindah dan Transkrip Nilai, lanjut ke Langkah 7

Pada tahap ini (Langkah 5 & 6), jika Anda memilih jenis pendaftaran 'Transfer/Alih Jenjang', Anda akan diminta untuk mengunggah Surat keterangan lulus/ijazah D3 dan Transkrip Nilai dalam bentuk PDF. Batas maksimal ukuran file adalah 8 MB

(Tips: Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran File PDF)

Surat Keterangan Lulus/Ijazah D3 & Transkrip Nilai

Setelah mengunggah Surat Keterangan Lulus/Ijazah D3 & Transkrip Nilai, lanjut ke Langkah 7

Tips: Jika file pdf yang diupload tidak tampil, ini mungkin disebabkan oleh Internet Download Manager yang terinstall di PC Anda. Berikut adalah cara menonaktifkannya: Cara menonaktifkan IDM di PC

Langkah 7

Pastikan data seperti Foto Diri, KTP, dan Biodata sudah sesuai sebelum mengirimkannya ke Admin. Jika ada hal yang ingin diubah, kembali ke menu masing-masing. Perhatikan bahwa beberapa hal seperti NAMA dan PROGRAM STUDI tidak dapat diubah setelah data dikirim ke Admin.

Kirim Data Ke Admin 1

Kirim Data Ke Admin 2

Jika sudah yakin bahwa tidak ada lagi yang perlu diubah, klik tombol Tunggu sampai muncul halaman yang menyatakan bahwa data Anda berhasil dikirim ke Admin.

Kirim Data Ke Admin 3

Jika data Anda sudah diverifikasi oleh Admin, Anda akan menerima email pemberitahuan yang menyatakan bahwa data Anda sudah diverifikasi.

Verifikasi Berhasil

Langkah 8

Setelah data diri Anda diverifikasi, langkah berikutnya adalah mengerjakan Aptitude Test. Untuk informasi lebih lanjut, lihat: Cara mengerjakan Aptitude Test

Langkah Terakhir:

Setelah menyelesaikan aptitude test, langkah terakhir adalah Daftar Ulang yang dilakukan secara offline dengan datang langsung ke Kampus STMIK Profesional Makassar di Jl. AP. Petarani No.27, Makassar

Berikut adalah dokumen yang perlu disiapkan:

  1. Fotokopi Ijazah atau Fotokopi Surat Keterangan Lulus (1 lembar)
  2. Fotokopi KTP dan KK (masing-masing 1 lembar)
  3. Pas Foto (ukuran 2x3 sebanyak 12 lembar dan ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar)

Selamat bergabung di STMIK Profesional Makassar

Jika Anda masih merasa kurang jelas, hubungi kami melalui WA/CALL di nomor 0823-5150-6161