Nama File | Download (PDF) |
---|---|
Brosur - PMB STMIK Profesional (TA 2024-2025).pdf | |
Poster - PMB STMIK Profesional (TA 2024-2025).pdf |
Selamat datang di Panduan Pendaftaran Online STMIK Profesional Makassar! Di sini, Anda akan menemukan panduan registrasi online untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2024/2025.
Unggah = Upload
Sediakan biodata anda berupa:
Pastikan email dan nomor hp aktif dan milik Anda pribadi, kemudian kunjungi pmb.stmikprofesional.ac.id/register
Pertama, Silahkan isi Form Registrasi yang tersedia lalu klik tombol DAFTAR
Jika proses pendaftaran berhasil, maka Anda akan melihat halaman yang meminta untuk melakukan verifikasi alamat email.
Proses verifikasi email biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit. Jika lebih dari itu, silakan klik tombol Resend Verification Email untuk mengirim ulang email verifikasi.
Langkah selanjutnya adalah memeriksa email Anda dan melakukan verifikasi dengan mengklik tautan Verifikasi Alamat Email yang tertera di email tersebut. berikut tampilannya:
Jika proses verifikasi email berhasil, maka Anda akan dialihkan ke halaman berikutnya (asalkan Anda menggunakan browser yang sama yang digunakan saat mendaftar)
Silakan lakukan pembayaran sebesar Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) melalui rekening BRI 107-301-000-318-302 a.n STMIK Profesional Makassar. Setelah itu, kirimkan bukti pembayaran Anda.
Untuk mengirimkan bukti biaya pendaftaran, silakan login kembali melalui tautan pmb.stmikprofesional.ac.id/login
Pastikan gambar bukti biaya pendaftaran Anda jelas agar mudah dilihat oleh admin saat memverifikasi pembayaran. Maksimal ukuran gambar adalah 4 MB (Tips: Cara Kompres dan Memperkecil Ukuran Gambar). Format gambar yang didukung adalah jpg, jpeg, png, dan gif. Berikut adalah tampilan form untuk mengupload bukti biaya pendaftaran.
Untuk mengupload bukti biaya pendaftaran, klik tombol 'Choose File' atau 'Pilih File', pilih file yang ingin Anda unggah, lalu klik tombol
Jika Anda berhasil mengunggah bukti pembayaran, Anda akan dialihkan ke halaman yang menyatakan bahwa bukti pembayaran Anda telah diterima oleh Admin.
Pastikan gambar bukti pembayaran yang Anda unggah tampak sesuai dengan contoh di atas. Jika gambar tidak muncul atau jika Anda ingin mengunggah bukti pembayaran lain, klik tombol "Kirim bukti pembayaran lain" yang terletak di bawah gambar bukti pembayaran.
Setelah admin memverifikasi bukti pembayaran Anda, Anda akan menerima email yang menyatakan bahwa bukti pembayaran Anda telah berhasil diverifikasi. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu mengisi biodata. Berikut adalah tampilan emailnya.
Tips: Mengapa saya gagal mengupload bukti pembayaran ?
Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengisi biodata. Untuk memulai, klik menu "Form Biodata". Berikut adalah tampilannya.
Simbol * pada nama input menunjukkan bahwa kolom tersebut wajib diisi, sedangkan yang lainnya hanya bersifat opsional.
Terdapat lima kategori yang harus diisi dalam pengisian biodata, yaitu: Jenis & Jalur Pendaftaran, Profile Mahasiswa, Orang Tua & Wali, Sekolah, dan Kelas & Program Studi. Program Studi yang tersedia terdiri dari tiga pilihan.
Sedangkan KELAS yang dapat dipilih SIANG atau MALAM
Pada bagian Jenis & Jalur Pendaftaran, Jenis Pendaftaran terdiri dari tiga pilihan: Mahasiswa Baru, Pindahan, dan Transfer/Alih Jenjang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing pilihan tersebut:
Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk masing-masing jenis pendaftaran yang telah disebutkan di atas:
Jalur pendaftaran yang dapat dipilih adalah Umum atau melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP)
Sebelum mengisi biodata, ada baiknya jika Anda menyiapkan data yang diperlukan sesuai dengan input form yang ada. Biodata yang sudah diisi masih dapat diubah selama belum dikirim ke admin pada Langkah 7
Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengunggah foto diri. Maksimal ukuran gambar adalah 2 MB, dan format yang didukung adalah jpg, jpeg, png, dan gif.
Berikut adalah tampilan setelah foto diri diunggah
Pada Langkah 4, Anda diminta untuk mengunggah foto KTP atau Kartu Keluarga Anda. Batas ukuran gambar maksimum adalah 2 MB, dan format yang didukung adalah jpg, jpeg, png, dan gif. Pastikan bahwa gambar yang Anda unggah sesuai dengan format yang ditentukan agar dapat diterima oleh sistem.
Setelah Anda mengunggah KTP atau Kartu Keluarga, maka tampilan akan diperbarui.
Silahkan memilih salah satu Jenis Pendaftaran yang tersedia di bawah ini:
Apabila Anda memilih jenis pendaftaran "Mahasiswa Baru", maka di tahap ke-5 Anda akan diminta untuk mengunggah Ijazah SMA/SMK/Sederajat dalam bentuk PDF. Ukuran file yang diperbolehkan maksimal adalah 8 MB
(Tips: Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran File PDF)
Tampilan setelah Ijazah di upload
Setelah Anda menyelesaikan proses pengunggahan Ijazah, silakan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu Langkah 7
Pada tahap ini (Langkah 5 & 6), jika Anda memilih jenis pendaftaran "Pindahan", Anda diminta untuk meng-upload Surat Keterangan Pindah dan Transkrip Nilai dalam bentuk PDF. Ukuran file maksimum yang diperbolehkan adalah 8 MB
(Tips: Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran File PDF)
Setelah mengunggah Surat Keterangan Pindah dan Transkrip Nilai, lanjut ke Langkah 7
Pada tahap ini (Langkah 5 & 6), jika Anda memilih jenis pendaftaran 'Transfer/Alih Jenjang', Anda akan diminta untuk mengunggah Surat keterangan lulus/ijazah D3 dan Transkrip Nilai dalam bentuk PDF. Batas maksimal ukuran file adalah 8 MB
(Tips: Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran File PDF)
Setelah mengunggah Surat Keterangan Lulus/Ijazah D3 & Transkrip Nilai, lanjut ke Langkah 7
Tips: Jika file pdf yang diupload tidak tampil, ini mungkin disebabkan oleh Internet Download Manager yang terinstall di PC Anda. Berikut adalah cara menonaktifkannya: Cara menonaktifkan IDM di PC
Pastikan data seperti Foto Diri, KTP, dan Biodata sudah sesuai sebelum mengirimkannya ke Admin. Jika ada hal yang ingin diubah, kembali ke menu masing-masing. Perhatikan bahwa beberapa hal seperti NAMA dan PROGRAM STUDI tidak dapat diubah setelah data dikirim ke Admin.
Jika sudah yakin bahwa tidak ada lagi yang perlu diubah, klik tombol Tunggu sampai muncul halaman yang menyatakan bahwa data Anda berhasil dikirim ke Admin.
Jika data Anda sudah diverifikasi oleh Admin, Anda akan menerima email pemberitahuan yang menyatakan bahwa data Anda sudah diverifikasi.
Setelah data diri Anda diverifikasi, langkah berikutnya adalah mengerjakan Aptitude Test. Untuk informasi lebih lanjut, lihat: Cara mengerjakan Aptitude Test
Setelah menyelesaikan aptitude test, langkah terakhir adalah Daftar Ulang yang dilakukan secara offline dengan datang langsung ke Kampus STMIK Profesional Makassar di Jl. AP. Petarani No.27, Makassar
Berikut adalah dokumen yang perlu disiapkan:
Selamat bergabung di STMIK Profesional Makassar
Jika Anda masih merasa kurang jelas, hubungi kami melalui WA/CALL di nomor 0823-5150-6161